Kamis, 09 Februari 2012

TATA CARA PENULISAN SURAT LAMARAN KERJA

Surat lamaran pekerjaan (kerja) dapat dibuat dengan dua cara yaitu:
1.     Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (resume, curriculum vitae). Dalam model ini riwayat hidup termasuk isi surat. Karena isinya berupa gabungan, model ini juga disebut model gabungan
2.     Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam model ini riwayat hidup merupakan lampiran. Karena itu model ini juga disebut model terpisah. Model terpisah ini lebih banyak dipakai. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, namun surat lamaran model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak panjang.
.
Yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah :

1. Data pribadi pelamar yang meliputi :
  §  Nama Lengkap
  §  Tempat dan Tanggal Lahir
  §  Alamat
  §  Telepon dan/atau HP
  §  E-mail (bila ada, tidak wajib)
  §  Status Perkawinan

Khusus untuk Nomor Telepon atau Nomor HP tersebut di atas, jangan lupa untuk menuliskannya. Karena perusahaan penerima lamaran anda akan dapat langsung dan dengan cepat menghubungi anda.
Bila anda tidak memiliki Telp/HP, maka gunakan Telp/HP tetangga/family/rekan anda.
Hal ini kelihatannya remeh padahal SANGAT PENTING, terutama untuk perusahaan yang sebenarnya hanya membutuhkan tambahan satu atau beberapa pegawai saja.

2. Pendidikan
  §  Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
  §  Pendidikan non formal yaitu kursus-kursus atau pelatihan yang pernah diikuti
3. Pengalaman bekerja
  §  Jika telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuannya untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang dimilikinya itu.
4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
   Lampiran adalah segala sesuatu yang disertakan dalam sebuah surat lamaran dengan maksud untuk mempertegas atau memperkuat surat tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi pihak badan usaha atau instansi yang menawarkan pekerjaan.
Lampiran dalam surat lamaran pekerjaan adalah :
  §  Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  §  Foto copy Ijazah terakhir
  §  Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  §  Pas Foto terbaru
  §  Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
  §  Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)

Dan ada 1 point penting lagi yang perlu saya tekankan dalam pembuatan surat lamaran, isilah surat lamaran dengan data/informasi yang sebenar-benarnya. SUKSES SELALU UNTUK ANDA!!!

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini