Minggu, 05 Februari 2012

BEBERAPA HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMULAI USAHA



Dalam postingan saya kali ini , saya akan membagi informasi untuk anda semua beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai sebuah usaha. Karena menurut saya untuk  memulai sebuah usaha perlu perencanaan yang baik dan secara matang. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan :


1. Modal


Memang betul kita bisa memulai suatu usaha tanpa memerlukan modal, tetapi bisanya ini membutuhkan waktu & pengalaman serta kreativitas.Modal juga bukan hal yang mutlak untuk dimiliki seseorang yang mau memulai usaha, tetapi biasanya diperlukan sebagai faktor pendukung penting untuk membuat usaha bisa berkembang.Biasanya modal akan dibutuhkan untuk:
  • Tempat
Baik itu kantor, gudang, toko atau tempat produksi. Biasanya ini menyedot modal yang cukup besar khususnya dikota-kota besar karena harga properti yang melambung tinggi.
  • Stock barang
Stock barang sangat penting untuk diperhatikan dalam menentukan omset suatu perusahaan. Banyak usaha yang mempunyai orderan sangat banyak tetapi mereka tidak punya kapasitas stock barang yang membadai sehinggs tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan akhirnya tidak terjadi transaksi.Ada juga jenis usaha yang memanfaatkan stock barang perusahaan lain untuk mendukung penjualannya, tetapi biasanya mereka tidak akan mendapatkan prioritas dari supplier,serta tidak bisa mengendalikan kondisi harga barang dan tegantung kondisi ketersediaan barang.
  • SDM (tenaga kerja)
Tenaga kerja yang handal bisa membutuhkan gaji yang besar, ini menjadi hal penting yang harus diperhitungkan untuk modal kita.
  • Fasilitas & Peralatan
Secara umum modal akan sangat dibutuhksn juga untuk keperluan yang mendukung berjalannya usaha kita seperti alat transport, peralatan kantor dll. 


2. Studi Kelayakan Bisnis
    Sebelum memulai usaha kita ada hal-hal yang harus kita pelajari, seperti:
  • Potensi penghasilan
 seberapa besar potensi pengahasilan usaha yang kita jalankan & seberapa besar potensi berkembang menjadi suatu bisnis yang besar
  • ROI (return of investment)
     seberapa cepat usaha yang kita jalankan akan membawa kita kepada titik break event poin 
     &  kapan usaha kita akan mengasilkan profit ini merupakan hal yang harus kita 
     perhitungkan dalam memulai suatu usaha.


3. Market
   Pastikan ketika kita memulai usaha kita sudah memiliki market jelas yang akan dituju, karena ini sangat penting untuk tejadinya transaksi.Pangsa pasar menjadi faktor penting dalam penentuan lokasi, harga produk & jenis produk  yang akan dijual.


4. Sistem & Manajemen
    Apabila usaha anda mau dibawa menjadi bisnis yang bisa berjalan dengan sendiri maka anda  harus mulai merancang sistem yang bisa mendukung berjalannya suatu perusahaan.
    Sistem & management yang baik akan menentun berkembanganya usaha yang kita jalankan.


5. Hukum & Perpajakan
    Pastikan anda memahami hukum-hukum yang ada atas jenis usaha yang kita jalankan, karena banyak sekali usaha yang maju & berkembang pesat menjadi bangkrut hanya karena melanggar hukum yang ada.Perpajakan juga menjadi perananan penting dalam menjalankan usaha, jangan sampai kita menjadi  pencuri pajak negara hanya karena kita tidak mengerti perpajakan yang akan menyebabkan kebangkrutan kita. Tidak perduli pemerintah kita mempergunakan pajak dengan baik atau tidak, tanggung jawab mereka terhadap Tuhan. Yang penting kita sudah melakukan apa yang menjadi kewahiban kita.


6. Resiko
    Kenapa kita harus mempertimbangkan resiko? Karena seorang yang memulau usaha harus siap dengan segala resiko yang ada. Tentukan resiko yang anda sanggup & cocok dengan anda. Jangan sampai  hidup kita berantakan karena kita tidak siap dengan resiko yang menimpa kita. Karena tidak ada 1 pun bisnis didunia ini yang berjalan mulus. Selalu akan ada kegagalan yang hadir.Hanya tergantung kita, apakah mau terus maju mengejar impian kita atau kita memilih untuk berhenti....


Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha, SEMOGA BERMANFAAT DAN SALAM SUKSES SELALU UNTUK ANDA SEMUA!!...


Sumber :(http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12353123)

0 comments:

Posting Komentar

free web site traffic and promotion